Dibaca Dulu, Baru Berkomentar

"Mantap mas"
"Blognya keren"
"Blogwalking malam"
"salam kenal gan" 

Sebagai sesama blogger yang selalu haus akan komentar dari orang lain, pastinya pernah atau bahkan sering melihat komentar seperti di atas. Kita sendiri sebagai blogger pastinya ingin agar posting kita dihargai, dilihat orang dan tentunya berharap pada mereka untuk "meninggalkan jejak" di blog kita.

Tetapi, beberapa dari kita seperti yang pernah gue ceritain di post sebelumnya, inginnya yang instan. Kadang enggan membaca post yang panjaaaaaang, tetapi ingin blognya dikunjungi oleh si pemilik blog. Kadang kita tidak melihat post dan langsung scroll ke bagian komentar, menaruh komentar dan kemudian pergi. Dan kemungkinan untuk kembali ke blog tersebut adalah 2%. Tentunya dengan memberi komentar pada blog orang, secara tidak langsung, link blog kita terpampang di sana.

Gak salah sih. Dan tentunya gak dilarang sama sekali. Kalau dilarang, Google sudah jauh hari mem-block akun kita. Semua blogger ingin blognya dikunjungi dan dikomentari. Gue ngepost gini bukan berarti gue tidak melakukan hal tersebut, gue cuma ingin ngajak saja, para blogger Indonesia lainnya, untuk memberi komentar yang berkualitas.

Dan pastinya sang pemilik blog berharap lebih dari "mantap mas". Kita pasti berharap komentar yang ada di blog kita nyambung dengan apa yang kita post.

Seperti yang dikatakan Putu Hadi (2009:197) "Baca dulu postingan pemilik blog, jangan grasa-grusu berkomentar tetapi belum mengerti inti postingannya."


Pada akhirnya, semua kembali kepada kita, bagaimana kita menyikapi, bagaimana cara kita menjadi blogger, selamat ngeblog dan selamat blogwalking :)

12 komentar

wah mas Gusti memang benar2 peduli blogger Indonesia nih, memang komentar seperti itu sudah mainstream banget dan kesannya cuma biar cepet populer gitu yang ngasih komen...

Reply

Hehehe :D
Saya cuma melihat kebiasaan kita para blogger di ranah maya dan kemudian menuangkan sedikit ke dalam tulisan :)

Reply

huhuhauhahauhauhauhauahuah, itu kan spamer bang, ye gak?

ane spamer cuma komentar ane agak relevan :D

Reply

Ya biasanya gitu, biar kitanya ngeklik link yang dia kasih di "komentar"nya itu :)

Reply

ahahhaahaha, itu mahh live link bang :D

Kunjungan Malam Sobat, Kunjungan Balik Ya.. :D

Reply

Benar benar keren postingannya
Tapi sayang aku ngak sempat baca .. Hwkwkwkwkwkwkkw

Reply

Lha kalau gak baca, kok bisa tahu postingannya keren? :)

Reply

Wah, saya malah tidak paham dengan seperti itu :)

Reply

hehe bener juga sih gan.. tapi kalo yang di posting itu menarik sering tak baca kok.. apa lagi kalo postingannya gak terlalu banyak..
tapi makasi share nya gan :)

Reply

Iya, kita baca posting kan karena kita ingin tahu isinya. Masa kita kasih komentar ke postingan yang kita sendiri gak tahu isinya? :)

Sama-sama gan

Reply

hahahah, ini bener pake banget, gan, isi nya kadang cuma "thanks sudah share, visit balik ya"... -_-

Reply

Posting Komentar