Pecahkan Rekormu Sendiri

"Jangan pecahkan rekor orang lain. Terlalu mudah. Pecahkan rekormu sendiri."
Beberapa teman gue bertanya, mengapa gue bisa menyimpulkan sedemikian rupa bahwa memecahkan rekor orang lain adalah hal yang mudah. Ini mungkin hanya asumsi pendek gue yang mungkin perlu gue jelasin.

 Gue sendiri mendapat persepsi seperti ini berdasarkan analogi ketika gue bermain game. Saat itu gue sedang bermain game di handphone gue. Ceritanya kita harus berlari dari kejaran satpam dan anjingnya karena kita telah mencorat-coret dinding kereta api. Judulnya Subway Surf. Jadi semakin lama kita berlari, semakin tinggi skor kita, tentu rekor kita akan tinggi.

Iseng-iseng gue buka World Record dari game tersebut. Ada yang skornya mencapai puluhan juta, padahal skor gue aja baru 800.000-an, itupun tangan gue sampai semutan. Lalu gue melihat ke peringkat satu dari rekor tersebut. Orang Korea sepertinya.

lalu gue mikir, kalau passion kita main games tersebut untuk bisa mendapatkan skor tinggi dan mengalahkan rekor orang lain. lalu, ketika kita sudah berada di puncak, apa passion kita selanjutnya?


Pastinya semangat kita, passion kita akan berkurang ketika kita sudah mengalahkan semuanya. Mudah bukan? 

Lalu bagaimana dengan "...pecahkan rekormu sendiri"?


  1. 1.000.000 --> kita
  2. 980.000
  3. 876.000

Ketika sudah tak ada lagi yang bisa kita kalahkan seperti yang gue analogikan di game tersebut, kalau kita tidak meningkatkan rekor terbesar kita sendiri, maka akan datang orang dengan rekor yang lebih tinggi

Passion mereka sama dengan kita. Meraih rekor yang lebih tinggi.

Ketika kita sudah di atas, siapa lagi yang perlu kita kalahkan kalau bukan rekor kita sendiri? :)

7 komentar

Setuju :)

Di kehidupan nyata pun gitu, jangan cuma berhenti pada pencapaian, tapi terus kejar, lampaui pencapaian yang sudah-sudah.

Kalo kita berhenti di satu titik 'tertinggi' atau 'terjauh', sama aja kita nggak maju-maju :D

Reply

Saya masih agak bingung sama bagian "pecahkan rekormu sendiri", tapi tak apalah. Wah bung Gusti suka main subway surf ya? Kalau saya lebih suka temple run 2. Dan memang benar kata bung Gusti, ketika saya berusaha memecahkan rekor teman saya dan terpecahkan, seketika itu juga saya bingung mau diapakan lagi game itu, dan akhirnya pun saya uninstall karena bosan. Terima kasih infonya bung :)

Reply

Kalau saya lihat dari kalimat situ "ketika saya berusaha memecahkan rekor teman saya dan terpecahkan, seketika itu juga saya bingung mau diapakan lagi game itu, dan akhirnya pun saya uninstall karena bosan"

Disitulah maksud saya untu memecahkan rekor sendiri, kita akan bosan, jenuh karena tidak ada rekor lain yang bisa kita pecahkan selain rekor sendiri yang pernah kita capai :)

Reply

Intinya jangan mudah puas dengan hasil yang dicapai ya :)

Reply

intinya jangan cepat puas, selalu berpikir positif, dan berikat yang terbaik... ini gue ngomen apa ya ? ah bodo.. intinya gitu ;D

salam kenal

Reply

Memang intinya seperti itu :)

Hehehe...salam kenal juga :D

Reply

Be your own version of superhero lah ya intinya :D

Reply

Posting Komentar