iOS 7 dan Pernak-Pernik Barunya

Gue excited banget buat update blog hari ini, soalnya gue udah nunggu lamaaaaa banget dengan adanya update terbaru dari software Apple yaitu iOS 7 dan Mac OS X 10.9. Di sini gue cuma mau share tentang iOS 7 yang baru diperkenalkan dini hari tadi pada acara World Wide Developer Conference 2013 (WWDC 2013), soalnya gue cuma pake itu, untuk Mac OS X di lain post ya :)


Selain itu, yang lebih bikin gue semangat ngepost pagi ini adalah iOS 7 kali ini dikerjakan oleh Jonathan Ive, seorang Senior Vice President Apple bidang design yang merangkap jabatan di bagian iOS setelah Scott Forstall hengkang dari jabatan SVP iOS. Menariknya, John Ive adalah orang yang dipercaya oleh mendiang Steve Jobs karena hasil desain perangkat pemikiran John Ive selalu elegan dan berkelas tinggi, dengan memadukan antara keelegan dan kesederhanaan perangkat.

Dan gue menduga saat itu bahwa iOS yang dikerjakan oleh John Ive akan menjadi sesuatu yang baru, sederhana, dan elegan. Benar saja, ketika gue tahu bahwa iOS 7 sudah ada di halaman resmi Apple, gue melihat desain buatannya memang all new design begitulah mereka menyebutnya.

Memang, menurut gue perubahan iOS 6 ke iOS 7 ini besar. Tidak seperti iOS 4 ke 5 ataupun 5 ke 6 yang hanya membawa perubahan pada maps dan Passbook. Menurut gue, rancangan John Ive ini sangat detail, mulai dari user interface, ikon aplikasi, hingga tampilan sinyal pun diubahnya. Gue rasa John Ive memang pantas merangkap menjadi SVP iOS Apple.

iOS 7 (kiri) dan iOS 6 (kanan)

Kalau kita melihat perubahan dari iOS 7 dan iOS 6 lumayan signifikan, kalau kita lihat dari bagian atas, perubahan ada pada bentuk sinyal yang awalnya berbentuk hierarki berubah menjadi titik mendatar, dan efek kotak hitam pada bagian atas juga dihilangkan. Bentuk baterai pun agak di buat lebih panjang.
iOS 6

iOS 7

Lalu pada bagian ikon pun berubah, pada iOS 6, efek ikon glossy begitu di tekankan, sedangkan pada iOS 7, gambar ikon di buuat ulang dan efek glossy dihilangkan, sehingga ikon pada iOS 7 berkesan mempunyai desain yang flat.
iOS 6

iOS 7


Pada bagian menu utama juga mendapat sentuhan perubahan yang awalnya berkesan bahwa ikon berada pada meja kaca, sekarang berubah menjadi desain yang flat juga. Bentuk mejanya pun beda dari yang menjorok ke dalam, sekarang menjadi sejajar.
iOS 6

iOS 7
User interface tiap aplikasi juga berbeda mulai dari camera, notification center, messages, safari bahkan UI Siri pun berubah, semua menjadi berkesan flat yang elegan. Tampilannya bersih dan lebih simple karena efek glamour dari glossy yang ada pada setiap ikon dan box sudah dihilangkan. Terlihat lebih manis.
user interface
Perubahan UI yang lain bisa dilihat di sini

Beberapa fitur baru juga ditambahkan di iOS 7 seperti control center, AirDrop, dan iTunes radio.

Control center adalah cara paling cepat untuk masuk ke bagian pengaturan seperti airplane mode, Wi-Fi, dan sebagainya. fitur ini memang sudah ditunggu sejak lama.

Kemudian ada yang namanya AirDrop, salah satu fitur yang memang sudah ditunggu karena dengan AirDrop, kita bisa share foto, kontak, video, dll secara mudah dengan Wi-Fi ataupun Bluetooth.

Dan juga ada iTunes radio, radio streaming Apple. Fitur-fitur ini sebenarnya sudah dibutuhkan user sejak awal, entah karena Apple benar-benar menjaga originalnya atau bagaimana, yang jelas John Ive telah membuat sebuah perubahan yang luar biasa pada iOS kali ini.

Sayangnya, iOS 7 masih dalam tahap beta dan baru tersedia untuk para developer, mungkin memberikan waktu kepada developer untuk membentuk aplikasinya support dengan iOS 7. Dan iOS 7 ini akan tersedia umum sekitar musim gugur. Gue bener-bener gak sabar.

Mari kita lihat pengenalan fitur iOS 7



4 komentar

keren-keren ya, sayang nya saya belum punya. terima kasih sudah berbagi info nya. Salam.

Reply

Saya juga belum coba :D
Salam bang :)

Reply

User interfacenya lebih bagus, warnanya cerah, keren lah, cuma gue gak mampu beli haha

Reply

Posting Komentar