[Review] Student Guidebook For Dummies


Sekitar bulan Juni kemarin, gue ikutan lomba blog yang diadain sama si penulis muda, Kevin Anggara. Dengan iming-iming bakal dikasih buku yang bakal diterbitin sama Kevin dan juga domain gratis dari Inspirat Hosting. Lumayan buat ganjel pintu bacaan di rumah. Gue juga sebenernya kesasar sih di blog Kevin. Semoga gak kesasar di hatinya :3

FYI, Selama 3 tahun gue ngeblog, jaman gue nulis "Aku" masih pake "Q" atau "karena" masih pake "coz", gue gak pernah sekalipun ikut yang namanya lomba blog. Sebenernya gue sering liat kontes-kontes blog yang diadain dari berbagai instansi maupun personal. Cuma tiap gue liat jumlah peserta yang banyak, gue jadi minder. 

ndilalah...err...ndilalah bahasa Indonesianya apa ya? *buka kamus Jawa*
Pas gue buka forum Jamban Blogger, gue liat kontes yang diadain sama Kevin, suruh nulis cerita di blog, temanya  pengalaman di sekolah yang paling memorable, absurd, seru. Nah, tepat setelah gue baca kalimat itu, gue keinget pas gue cepirit di celana pas SD seperti yang gue ceritain di post Malu Bertanya Keluar di Celana. Akhirnya gue nyoba buat ikutan. Pas gue submit postingan gue, disana baru ada  4 orang yang ikutan, gue agak lega. 

Baru beberapa hari, gue cek ke forum lagi, siapa tahu ada yang ikutan lagi. Ternyata emang nambah 13 orang lagi. Jadi ada 17 orang ikut. Mampus gue.

Makin minder gue. Gue juga udah blogwalking ke semua temen-temen yang ikutan, dan semua postingan mereka menarik buat dibaca. Sedangkan postingan gue? Harusnya gue kasih label "21+".

Gue nunggu dan menunggu, gue publish postingan gue dimana-mana. Publish di komunitas-komunitas blogger yang gue ikuti, ke temen-temen sekolah sampe di grup kecantikan di Facebook. Komentar demi komentar gue dapet, apalagi ada komen dari Hena Wirasatya dan si pembuat kontes, Kevin. Dan mungkin, di post itu gue dapet komnetar terbanyak sepanjang sejarah gue ngeblog. Iya, gue gak pernah dapet komentar sampe puluhan. paling 1-4 komentar.

Dan saat-saat yang ditunggu pun datang. Pemenang bakal diumumkan di forum. Gue udah mulai deg-degan, sampe nge-refresh forum berkali-kali. Akhirnya pemenangnya dipost di forum.





















Gue berhak dapet satu buku Kevin. Buku panduan buat "sukses" di sekolah. Gue dikirimi bukunya dan udah selesai gue baca. Tanggapan gue? Harusnya buku ini jadi buku wajib anak-anak MOS. Tips-tips ngaconya, ilustrasinya, bener-bener bener (kata benernya bener ada 3 kan?) seperti anak sekolah jaman sekarang.

Gue heran juga, si Kevin yang masih kelas 2 SMA, ternyata punya kalimat-kalimat yang ngaco yang digabungkan ke dalam paragraf yang bikin jadi tambah ngaco dan paragraf-paragraf itu ternyata dijadiin buku, jadi super-duper-mega-giga....ngaco. 

Memang sih, tips-tipsnya nyeleneh banget. Cuma yang bikin gue ngacungin jempol adalah dia punya suatu wejangan di akhir bab. Semacam motivasi. Jadi isinya gak becandaan doang.

Ada banyak cerita tentang bagaimana dia bertemu dengan editornya sehingga terlahir buku ini. Ada pula tips-tips nyeleneh yang emang anak SMA banget, gue senyam-senyum bacanya, ditambah ilustrasi yang bikin keren.

Nah, yang tambah bikin gue salut adalah isi dari bukunya, gue banget. Mulai dari cara menghadapi MOS, macam guru, tipe pelajar, tipe pengawas pokoknya gue jadi kayak baca kehidupan SMA gue sendiri. Karena emang yang diceritain disitu memang hal yang biasa dialami sama pelajar SMA.

Tips-tips kayak alasan ampuh untuk tidak masuk sekolah atau cara menyontek saat ujian emang bener banget dan salah satu caranya pernah gue pake hehehe :D

Lucunya pas gue baca halaman tentang "Tipe-Tipe Pengawas Saat Ujian", gue mikir. Ternyata Kevin lebih merhatiin pengawasnya daripada kertas ulangannya sendiri. Mungkin dia pake cara ini..

Pokoknya di #SGFD itu memang realita dunia anak SMA dan gue salut sama Kevin yang merhatiin  tingkah-tingkah anak SMA dan bikin tips buat ngehadapinya, jarang orang yang se niat itu buat merhatiin sekitarnya.

Kalo kamu pingin "selamat" di masa SMAmu atau kamu yang pengen nostalgia dengan masa SMAmu dulu, coba deh baca buku Kevin ini. Modusin penulisnya juga boleh.

Kurang sreg kayaknya kalo cuma gue yang cerita, mending kamu baca sendiri deh bukunya, terus kamu ceritain di blog juga :)
Bukunya bisa di beli di toko buku Gramedia, kalo males keluar bisa pesen di toko buku online atau ikutan giveaway yang diadain Kevin di Twitter. :)

byee...guyssss :*

Sudahkah kamu baca buku #SGFD ini? :)

Bonus :



11 komentar

Wehee... gue juga mau ikutan review ahh. Hahaha.

Reply

Wah, Aziznya nongol nih :D
ada di postingan gue tuh :D

Ayo! Gue tunggu :)

Reply

Wah... buku unyu gitu ya... nunggu harganya 15ribuan ah.

Reply

Wahaha... iya baru sampe kost dan tau-tau bapak kost bilang ada kiriman, ternyata buku Kevin. Maklum, habis mudik. Hahaha. Belum selesai gue baca.

Reply

Bonusnya kampret!!! x))

Itu pake clonecamera ye? Ajarin dong, editan gue disana masih belum bagus. *malah OOT*

Btw, thanks reviewnya :D

Reply

Jangan-jangan dibaca bapak kostnya hahaha

Reply

Hahahaha :D

Iyee hohoho....oke deh, nanti gue jadiin postingan aja yaa

hehehe...sip :)

Reply

Wih udah pada punya bukunya. Dan reviewnya juga udah banyak. Kayaknya keren tuh. Jadi pengen beli. Beliin dong dit. :(

Reply

hohoho...minta sama Kevin noh :D

Reply

Posting Komentar