What Will Happen in The Next 10 Years?



Sejak dulu gue sering mikir gini. Gue nanti jadi kayak apa ya? Kerja apa? Dimana? Punya istri berapa? Cantik gak?

Gue emang orangnya suka berangan-angan. Suka bermimpi yang tinggi. Salah satunya ya ini. Gue akan jadi apa di sepuluh tahun ke depan? Apakah gue bakal jadi orang yang bermanfaat? Atau malah merugikan orang?

Sejak gue SD, tepatnya setelah gue diajarkan bagaimana menggunakan komputer, padahal cuma main Paint. Gue punya ketertarikan tersendiri dengan dunia perkomputeran. Jadi sejak saat itu sampai saat ini, gue terus belajar, belajar, dan belajar. Mendalami apa yang gue suka. Gue punya tujuan kemana gue nanti. Sebenernya saat ini gue punya dua tujuan, yang sangat berbeda dan bertentangan mungkin, tapi keduanya selalu gue bayangkan ketika gue dewasa nanti

Yang gue tulis di sini hanyalah angan gue 10 tahun ke depan, entah Allah mengijinkan salah satunya atau mempunyai arah yang beda namun lebih baik untuk gue 10 tahun kemudian.

Hmmm...10 tahun...


Bisa saja gue sudah lulus dari fakultas MIPA Ilmu Komputer UGM, tempat yang selalu gue angankan sejak gue lulus SMP karena memang inilah hobi gue, dan memang jarang orang bekerja yang sesuai dengan hobinya. Dan gue sudah punya pekerjan yang sukses.
Kerja di perusahaan teknologi ternama kayak Google atau Facebook mungkin atau bikin usaha sendiri di bidang teknologi, membuat sebuah inovasi teknologi untuk negara sekalian merekrut mereka yang tidak bisa bekerja namun memiliki potensi. Apa salahnya? Gue orang Indonesia asli dan gue gak pingin banyak pengangguran di negara gue.


Tapi, selain angan-angan gue sebagai technopreneur, sejak gue masuk SMA, gue juga sering berangan-angan bergabung dengan tentara angkatan udara. Entah kenapa, hati gue tergugah untuk ikut menjaga negara gue, Indonesia. gue selalu senang dengan orang-orang militer, cerita-cerita mereka, cara berperilaku mereka, dan semangat mereka untuk Indonesia membuat gue selalu merinding betapa tingginya makna merah putih bagi mereka. Gue gakmau cuma jadi orang yang numpang tinggal di Indonesia tanpa balas budi dengan menjaganya. Mungkin sepuluh tahun lagi gue udah lulus dari Akademi Angkatan Udara, udah jadi perwira yang handal kayak abang-abang ini. Sudah sering terbang kemana-kemana, mengawal presiden atau tamu kehormatan dengan pesawat.

Memang terdengar berbeda antara technopreneur dan tentara, tapi itulah yang selalu gue angankan. bahkan bisa dibilang setiap hari. Antara technopreneur atau tentara? Itu urusan Allah, yang penting gue berusaha untuk bisa dapatkan keduanya. Dan apa yang gue kerjakan itu halal.

Bisa saja sepuluh tahun lagi udah gak jaman pake gadget, tapi wearable device, mobil sudah tidak bergantung BBM, tapi pakai listrik atau tenaga surya. kecepatan internet juga berkembang pesat (aamiinn), makin banyak gedung bertingkat. Pendapatan per kapita Indonesia sudah memenuhi standar untuk disebut negara maju. Indonesia mungkin sudah bisa menjadi negara yang mandiri dan tidak terlalu bergantung pada impor negara lain, malahan kita yang sering ngekspor ke negara luar. 

Sepuluh tahun lagi mungkin gue udah ngelamar dan punya istri cantik, sudah punya rumah sendiri, punya mobil, menghidupi keluarga. Adik gue mungkin masih mengemban sekolah di SMA karena jarak gue dan adik gue memang sepuluh tahun. Kakak gue mungkin sudah jadi salah satu developer Indonesia yang hebat secara dia lagi kuliah di Universitas Bina Nusantara jurusan Mobile Application. Gue berharap, sepuluh tahun lagi orang tua gue masih sehat walafiat, sudah menunaikan rukun islam yang ke lima. pokoknya sudah hidup tenang dalam masa pensiunnya.


Oh ya, karena gue menemukan tema blog gue ini dari bagian #TematicBlogJB dari forum blogger yang gue ikuti, Jamban Blogger. Gue berharap ketika sepuluh tahun lagi, forum ini sudah punya puluhan atau ratusan blogger dari seluruh Indonesia. Dan semoga nantinya forum ini bisa menjadi pelopor forum blogger yang melakukan sebuah inovasi dalam dunia perbloggeran.


Bagaimana dengan 10 tahun kemudianmu? :)

4 komentar

10 tahun lagi kita semua sukses :))

Reply

10 tahun lagi, kita keren dan ganteng sob! salam ganteng!

Reply

Gue sih gantengnya gak perlu nunggu 10 tahun sob hahaha :D

Reply

Posting Komentar