Jadi Sukses Gak Perlu Niru Orang


Siapa sih yang gak pengen sukses? Gue? Elo? Pasti pingin sukses dengan caranya masing--masing. Kita selalu berharap apa yang kita cita-citakan sekarang itu akan terwujud dan semua itu sukses. Semudah itu? Gak.

Lho? Kata motivator ini kalo sukses itu gampang, yang penting kita harus ini itu ini itu ini Budi main bola. Sukses itu gampang, kata orang yang sudah sukses. Seorang motivator sukses pun awalnya terseok-seok untuk mencapainya. Cuma waktu disampaikan ke kamu-kamu bilangnya mudah, maksudnya baik, biar kamu bisa meraih sukses itu dan pantang menyerah. Pertanyaannya, suksesmu itu, sukses yang seperti apa sih?

Rata-rata orang akan menjawab bahwa sukses adalah bisa mencapai cita-cita. Dan rata-rata mereka ingin menjadi...

Banyak orang pingin jadi dokter. Temen gue juga banyak yang pingin, mulai dari dokter umum sampe dokter kelainan jiwa. Kayaknya dia udah mulai nyari pasien.
Dengan banyak dan beragamnya dokter di dunia ini, gue jadi takut akan ada perang dokter yang mempersenjatai dirinya dengan profesi masing masing. Dokter umum pake suntikan, dokter anak pake obat sirup, dokter gigi pake gigi buat jadi ranjau, dokter hewan bawa banyak hewan, dokter sunat bawa...

Lalu, apa salah kalo suksesmu adalah menjadi dokter? ENGGAK :)
Dokter itu memang pekerjaan mulia menurut gue, membantu orang agar bisa sembuh dari apa yang di deritanya, selalu datang waktu dibutuhkan, waktu istirahatnya jadi kurang. Jadi, kadang gue suka kasihan sama dokter, kalo harus siap dalam 24 jam, waktu buat istri dan anak bagaimana?

Lalu, gimana kalo ada orang yang pingin sukses, tapi bukan jadi dokter? Bisa aja sih, tapi cari yang beda.

Cari yang beda? Maksudnya?

Jadi, kata-kata ini juga gue dapet waktu nonton salah satu Talkshow-nya Raditya Dika di Youtube. Waktu itu ada penonton yang bertanya "kenapa nama bukunya nama binatang?". Kata yang bisa gue kutip dari kalimatnya adalah kalau mau sukses, jangan mencoba untuk melampaui mereka yang sudah sukses.

Semisal, kamu liat ada blog dengan judul "catatan anak bodoh" dan postingannya itu kocak-kocak, banyak followers, dan banyak komentar. Karena kamu pingin juga, kamu akhirnya bikin blog dengan nama yang mirip, misal "pelajar bodoh" dan mencoba untuk seperti "idola"mu dengan tujuan biar bisa dapet komentar dan followers yang sama banyaknya. Bisa? BISA! Tapi susah. Karena orang yang lebih hebat darimu itu banyak.

Kenapa? Karena sudah ada nama yang tenar dengan nama "bodoh" tadi, jangan mencoba melampaui sesuatu yang sudah ada kalau kamu tidak mampu mencapainya, dan jangan munafik dengan dirimu, biar dirimu bisa seperti idolamu. Be yourself.

Kalau keyword "pelajar bodoh" udah lazim banget dipake. Coba deh cari yang lain dan unik, kayak "Blog Anaknya Pak Lurah" kek, "Blog Bukan Peniru Raditya Dika" kek, atau "Blog mas-mas-yang-bulu-hidungnya-keluar-keluar". /hehe

Jadi sukses gak harus niru orang.

Solusinya gimana? Coba cari sesuatu yang kamu suka dan itu berbeda dari orang lainnya. Sebagai contoh, kata Raditya Dika, kalau waktu itu, dia gak tau judul apa untuk bukunya, dia merasa masih banyak penulis yang lebih tenar dan lebih hebat daripada dirinya, serta judul-judul romantis yang menarik hati, Radith ingin mencoba memberikan sesuatu yang berbeda, itulah kenapa nama buku pertamanya "Kambing Jantan" karena saat itu belum pernah ada penulis yang memberikan judul buku seunik itu :)

Masih bingung? Coba lihat empat orang yang ada di postingan ini. Mereka adalah orang-orang yang berfikir beda, mencoba membawa perbedaan, sebuah...inovasi ke dalam dunia, menemukan sesuatu dan lihat bagaimana hidup mereka.
Setiap orang punya keunikan tersendiri, punya bakat sendiri, coba cari tahu bakatmu dan coba think different, cari sesuatu yang belum pernah ada, keunikan pasti akan mengundang banyak orang.

Mari berpikir berbeda, kembangkan sesuatu yang baru. Think different.



bagaimana dengan cita-cita suksesmu? :)

7 komentar

memang bagus berbeda dan nggak meniru orang lain. Tapi tak ada salahnya juga meniru orang lain kalau itu terbukti lebih bagus.

Reply

Setuju!
Sesuatu yang terlalu mainstream memang terkadang membosankan. Tapi buat gue meniru hal-hal dari seorang idola juga gak salah sih,yang penting di langkah selanjutnya bisa lepas dan berdiri dengan karakter sendiri :)) hehehe.
keren nih postingannya (y)

Reply

Benar, ini hanya sebagai opsi saja
Kalau ada masukan silahkan :)

Reply

Idola memang bisa jadi inspirasi bro, kalo orangnya punya karakter sendiri sih bagus dan pasti punya inovasi baru. Tapi banyak orang mengartikan "terinspirasi" dengan meniru yang nyerempet, jadi bukan memiliki karakter sendiri, tapi karakter orang yang dimodif biar keliatan baru :)

Reply

ATM : Amati Tiru Modifikasi :D

Reply

wah.. nama blog -> "Blog mas-mas-yang-bulu-hidungnya-keluar-keluar". itu keren... bikin gua koprol di kasur :D

Reply

Posting Komentar