Setelah Sebulan Kuliah...


Kadang, mau update blog aja susah. Bukan susah nyari waktunya, tapi nyari bahan buat ditulis. Nah, gue lagi ngalamin kayak gitu, bingung apa yang mau ditulis. Faktor lain karena namanya mahasiswa baru pasti banyak tugas. Ya masa gue ngepost tugas gue di sini?

Gue baru ngerasain kurang lebih sebulan masuk kuliah. Dan gue bisa ngerasain perbedan antara kuliah dengan sekolah di SMA. Waktu gue masih di SMA dan ndengerin kakak kelas yang udah kuliah bilang "kuliah itu gak seenak SMA, Dek. Gak bisa kumpul bener-bener rahat kayak di SMA, temen-temen SMAmu juga yang katanya bakal kumpul terus, itu cuma angan-angan.". Waktu itu gue ngremehin tuh kalimat, secara gue di SMA punya temen deket yang kalo gue atau mereka ngajak pergi, pasti kumpul.

Tapi, pas gue udah kuliah, gue ngerasa banget perbedaannya. Yang katanya kuliah itu kebebasan, enggak juga. Nego tugas sama guru SMA lebih fleksibel daripada sama dosen. Terus, kata-kata " Gak bisa kumpul bener-bener rahat kayak di SMA" itu bener. Ya gak semuanya sih, Gue dari awal ospek sampai detik gue nulis ini, temen yang bener-bener gue kenal cuma ada 5. Itu pun satunya temen SMA gue. Bukan. Bukannya gak mau kenalan, pas gue antusias buat kenal orang-orang sekelas, respon temen-temen yang bikin gue gak minat. Diem, acuh, mainan hape, ya...seakan-akan mereka yang nggak mau diajak kenal. Disini gue memahami, temen-temen yang sekarang udah nggak kayak temen SMA. Waktu SMA temen sekelasmu rata-rata dari kota yang sama kan? Kalo di kuliah itu, temen sekelasmu dari seluruh Indonesia, Bung! Di kelas gue ada dari Kalimantan, Sumatra, Riau, bahkan dari Batam pun ada. Yang asli dari Jawa masalah sedikit. Gue jadi ngerasa kalau gue yang anak rantau.

Dan bener, kumpul sama temen-temen SMAmu cuma angan. Dulu gue punya temen sering banget kumpul, ada kegiatan apa di kota, ikut ngeramein. Sekarang? Kita banyak tugas. Pas gue nyantai mereka sibuk, pas gue sibuk, mereka nyantai. Ya walaupun kemarin-kemarin kita pernah ngumpul bareng, tapi nggak selengkap dulu. Akhirnya kita berusaha buat ngumpul, tiap temen-temen pada pulang ke Pekalongan. 

Apa berarti gue benci kuliah? Nggak. Gue disini cuma mau curhat aja sama ngasih tau adek-adek gue yang masih duduk di bangku SMA khususnya buat mereka yang ngeremehin kalimat "kuliah nggak seenak SMA" kayak gue dulu. Karena pada kenyataannya, memang gitu. Jadi, gue ngasih tau buat adek-adek, seneng-senengin masa di SMA, banyakin temen di SMA. Gue juga kangen masa SMA gue. Dimana gue ketika berangkat sampai pulang, nggak pernah sendirian. Dimana gue nggak harus cepet-cepet pulang cuma buat ngerjain tugas. Karena di kuliah nanti, semua kebiasaan SMAmu lama-lama bakal ilang.

Tapi yang namanya hidup ya mesti harus berjalan ya, mau nggak mau harus ngelewatin tahap ini biar sukses. Tetep semangat, guys!














apakah kamu menikmati masa SMAmu? :)

4 komentar

baru aja sebulan... nanti lama kelamaan juga bisa deket kok sama temen sekelas...

Reply

Hehehe...iya sih, baru sebulan aja udah kerasa bedanya :)

Reply

Kebalik yaaa...
Kalo di kampus gue rata-rata orang asli Jawa semua.
Sebagai salah satu dari dua perantau dari pulau seberang rasanya itu ..... :')

Tapi jalani aja mahh~ Ya ngga?

Reply

Iya, jadi ngerasa asing, mau ngomong apa takut salah :')

Reply

Posting Komentar