Biar Gak Kena Bully di Forum/Komunitas/Grup

Di jaman sekarang ini, kita sering kan liat beberapa orang yang mempunyai interest  yang sama, membuat sebuah komunitas, sebuah grup, yang diimplementasikan ke dalam dunia maya menjadi forum, tempat berdiskusi, tempat belajar juga, tempat berkenalan dan kalo mujur bisa dapet jodoh hehe :D

 Tapi, beberapa orang kadang gak ngerti gimana caranya nanya, ngobrol, kenalan di forum. Yang ada, apa yang mereka post malah jadi bahan candaan sama "senior" yang ada di forum, bisa di bully, atau bahkan di kick sama admin karena ngganggu orang di forum. Nah, gimana sih biar kita bisa asik berforum tanpa kena bully? Mungkin beberapa tips dibawah ini bisa bantu kamu.

1. Jangan cepet-cepet gabung! 
Lho? Kok? Sering banget ini! Kadang kita gak sadar, kita gabung sama grup/komunitas/forum tanpa ngerti ilmunya dulu. Misal nih, di grup blogger di facebook. Kita gak tau apa-apa soal blogger, tapi asal aja gabung. Niatnya baik sih, biar bisa belajar juga. Tapi saran gue, mending kamu belajar sendiri terlebih dahulu, setidaknya ngerti dasarnya lah sebelum gabung sama grup, baru gabung. Kan gak enak juga, kalo misal kita gak ngerti apa-apa tentang blog, terus gabung grup blogger, cuma nanya "cara bikin blog gimana?". Biasanya yang kayak gini nih yang kena bully.

2. Jangan jadi silent reader
Ngeselin juga kadang-kadang, banyak anggota grup, tapi yang nongol cuma itu-itu aja. Padahal, manfaat yang didapet bisa banyak. Dengan tanya, kita dapet ilmu ataupun kalo punya ilmu lebih kan bisa di share  ke sesama anggota di grup, jadi punya banyak kenalan juga kan..

3. Sopan. 
Nah, gak cuma di dunia nyata aja ada yang namanya tata krama. Di forum juga ada. Sopan dalam nanya, sopan ngasih masukan. Jangan sampe bikin anggota yang lain kesel, yang perlu kamu perhatiin juga itu sapaan, biasanya di forum pakai istiliah "gan". Kemarin gue juga sempetr kesel di grup Belajar WPAP, ada orang baru gabung, terus ngepost "Bikinin WPAP dong!". Percaya deh, yang kayak gini kena bully. Beneran aja, komentar-komentarnya pada "sakit" semua kayak "disini tempat belajar mas, bukan ngemis".

Jangan lupa gunakan bahasa yang baik dan sopan. Walaupun kita semua tahu, kita generasi yang gaulnya gak ketulungan, tapi tetep, jangan bikin kisruh forum.

4. Sebelum tanya, baca post-post lama 
Ini sering banget kejadian sama anggota baru yang males buat scroll ke bawah atau ke posting lama sebelum nanya. Akhirnya, pertanyaan yang sebenernya udah pernah ditanyain dan dibahas, ditanyain lagi sama anggota baru ini hanya karena males liat posting lama. Percaya deh, kemungkinannya cuma dua. Diacuhin atau di bully.

5. Tanggung Jawab 
Banyak anggota yang biasanya jadi TS (Thread Starter) yang setelah bikin posting, nggak tanggung jawab. Tanggung jawab kek gimana? Misal bikin postingan apa gitu, terus ada member yang lain ngasih komentar atau pertanyaan. Nah si TS ini kadang nggak nongol-nongol lagi buat ngejawab komentar-komentar. Apalagi bikin posting yang "nyulut" emosi member lain. Kemungkinan cuma satu. Kick.

Semua tips yang gue tulis diatas ini hasil dari pengamatan gue dari member-member grup yang gue ikuti, gue yakin kamu juga pasti pernah nemuin salah satu member grupmu yang kena bully. Inget guys, sosial media, dunia maya, semua ada etika dan tata kramanya :)










apakah kamu pernah kena bully di forum? :)

Posting Komentar