Plus Minus Domain .id

Akhirnya Indonesia udah punya TLD (Top Level Domain) sendiri. TLD itu strata tertinggi dari tingkatan domain, sejajar dengan .com, .net, dll. Gue juga sebagai warga negara yang gaul pastinya ikut bangga dengan hal ini. Domain ini mencerminkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Sayangnya, dulu waktu gue beli domain, domain .id belum ada, mau pake web.id, belum punya KTP. Nah, kali ini gue mau bahas tentang plus minus dari domain ini.

Yang pertama kelebihannya, pastinya kita bangga dong kalo punya web dengan akhirnya .id, identitas kita gitu. Untuk soal keamanan pun jelas lebih dibanding dengan .com, .net, dll, karena untuk pendaftarannya harus dengan persyaratan tertentu, misal untuk domain personal, harus menyertakan KTP/SIM/Paspor ketika mendaftar. Artinya, kepemilikan domain jelas, sehingga kecil kemungkinana terjadinya penipuan. Plus, nama domain yang didaftarkan harus memuat nama atau singkatan nama dari KTP yang disertakan. Jadi, kalo pake domain ini, selain bangga, keamanan pasti terjamin.

Tapi, dengan semua kelebihan itu, juga membawa kekurangan. Dengan semua persyaratan yang harus disertakan, walaupun bikin aman, tetapi juga bikin ribet orang yang mau mendaftarkan domainnya, apalagi kalo orang itu baru pertama kali beli domain. Biaya pendaftaran domain pun sungguh masyaAllah mahal jika dibandingkan dengan domain .com bahkan domain co.id, web.id, or.id, dll. Harga domain .com berkisar Rp. 88.000-Rp. 120.000, setara dengan harga .co.id, web.id, or.id, dll. Biaya yang diperlukan untuk pendaftaran domain .id berkisar Rp. 450.000-Rp.550.000. Kalo mau pakai domain ini memang harus ngerogoh kocek lebih.
harga domain .id dari situs domainesia.com


Walaupun domain .id bisa digunakan untuk domain personal, gue rasa dengan melihat harganya, orang lebih tertarik dengan domain internasional .com, .net, dll. Selain murah, urusan daftarnya juga gak ribet, sifat orang Indonesia banget kan?

Kedepannya sih gue berharap harga domain ini bisa berkurang, setidaknya sama dengan harga domain .co.id, .or.id, dll, biar masyarakat juga tertarik untuk beli domain Indonesia.















apakah kamu menggunakan domain Indonesia? :)

1 komentar:

kalau pribadi sih pake dot com, tapi kalau buat bisnis, pakai dot id

Reply

Posting Komentar