Istilah Smartphone, Sejak Kapan?

Smartphone. Siapa sih sekarang yang gak pegang smartphone? Jaman dulu barang ini termasuk barang mahal, tapi sekarang banyak vendor yang menawarkan smartphone murah yang memungkinkan semua lapisan masyarakat bisa pegang dan ngerasain rasanya pegang hape canggih ini.

Beberapa waktu yang lalu, temen gue pernah tanya, sebenernya, istilah smartphone itu dipakai sejak kapan sih? Kami sampai berdebat, ada dua pendapat, yang satu bilang kalo istilah smartphone itu ada ketika hape bisa tersambung ke internet, berkamera, punya antena TV dan kamar mandi dalam. Iya. Boong. Yang satunya bilang istilah smartphone ada sudah sejak awal  hadirnya telepon genggam, karena dulu, telepon hanya bisa untuk menelepon, ketika hape ada, selain bisa menelepon, juga bisa digunakan untuk mengirim sms, bermain game, set alarm, dsb.

Nah, yang bener sejak kapan?

Kalo gue buka Wikipedia, smartphone itu adalah hape dengan sistem operasi. Artinya telepon yang sudah menggunakan sistem operasi sudah dapat disebut smartphone. Jadi, temen gue yang bilang kalo istilah smartphone sudah ada sejak awal hape ada emang bisa diterima.

Tapi...

Ada lanjutannya. Smartphones typically include the features of a phone with those of another popular consumer device, such as a personal digital assistant, a digital camera, a media player or a GPS navigation unit. Ciri-ciri sebuah smartphone adalah mempunyai fitur-fitur di atas. Jadi pendapat temen gue yang bilang kalo istilah smartphone ada ketika terdapat fitur-fitur tersebut juga bisa diterima.

Nah, menurut kalian, istilah smartphone itu ada sejak kapan? :))

Posting Komentar