Cara Bikin Postingan yang Ramai

Tiap mau ngeblog, gue seringkali bingung, mau ngepost apa, mau ngetik apa. Gue yakin gak cuma gue yang ngalamin hal ini. Banyak sekali blogger yang bingung mau ngepost apa yang pada akhirnya gak sedikit yang "resign" dari dunia blogger. Padahal bukannya ngeblog itu cara buat kita ngungkapin apa yang ada di kepala ya? 

Ada banyak tipe blogger di ranah maya. Ada yang ngeblog sesuka hati, ngeblog apa aja yang ada di pikirannya, langsung ditaruh dalam blog. Ada juga yang ngeblog biar blognya ramai terus, biasanya sih bikin postingan kejar tayang, tiap berapa hari atau minggu, dia update blog. Sulitnya, kalau kita ikut tipe blogger pertama, posting apa aja yang ada di kepala, belum tentu postingmu ramai pengunjung, karena gak semua orang ngerasain apa yang kamu rasain, kecuali emang blogmu udah terkenal banget. Kalau posting kejar tayang, susahnya ya…masalah pertama tadi, mau ngepost apa.


Gue akhirnya mikir, gimana kalau gabungin keduanya? Posting apa yang kita suka dan bikin ramai? 

Nahlo? Tadi katanya susah?

Susah bukan berarti mustahil buat dicoba kan? #MencobaBijak

Hmm..Jujur postingan gue pun gak ramai amat, dan semakin menurun kayaknya soalnya gue juga jarang ngeblog. tapi gue juga dapet ide postingan ini dari widget Entri Populer yang gue pajang di kanan, bagian  Paling Sering Dibaca. Gue setting widgetnya, biar postingan yang sering dibaca berganti tiap minggu. 

Gue kira, tiap minggu akan beda keluarnya, ternyata berbulan-bulan gue buka blog, yang jadi Top Three  selalu postingan itu. Akhirnya gue mikir, mungkin postingan macam gini yang orang suka lihat. Mungkin postingan dengan keyword Cara banyak dicari di Google. Mungkin gue ganteng.

Berarti bikin semacam tutorial gitu? Bukan apa yang ada di pikiran kita?

Bentar dulu, yang perlu kita buat adalah apa yang ada di pikiran kita, lalu kita ubah menjadi sesuatu yang beda. Gue kasih contoh, di postingan yang paling banyak dibaca, ada posting gue Cara Asik Pake Clone Camera. Waktu itu gue lagi seneng-senengnya mainan aplikasi Clone Camera, yang bisa bikin diri sendiri jadi banyak. Akhirnya gue bikin postingan cara make  Clone Camera, biar orang tau gimaa gue bikinnya.

Hal yang sama dengan postingan Cara Nebak Orang yang Suka Stalking, itu cara yang gue pake buat tau siapa yang nyoba stalking gue HAHAHAHA PD! Dan caranya gue tulis di blog.

Pun juga dengan postingan Let's Make Videos #IndoVidgram, waktu itu Indovidgram baru awal-awal dibuat, yang ngepos juga masih Bena Kribo dkk, gue tertarik sama cara dia bikin video bersin teleport, akhirnya gue ikutan bikin dan ngajak orang buat ikut berpartisipasi disana.

Dari semua postingan yang jadi entri populer di blog gue, gue jadi tau apa yang orang ingin baca tanpa mengesampingkan apa yang ingin kita ungkapkan.

Pertama, cari keresahan. Apa yang menganggu di sekitar kamu. Misal, rumah kamu banyak kecoanya, otomatis kamu bakal nyari berbagai cara buat matiin tuh kecoa, kamu bikin Cara Bunuh Kecoa Tanpa Teriak-Teriak, misal. Atau kamu lagi benci sama mantan kamu yang udah punya pacar baru, bikin aja Cara Elegan Ganggu Hubungan Mantan dengan Pacarnya. Oke, ini jahat. But worth to try! MUAHAHAHA!  #EvilLaugh.

Kedua, Coba up to date  sama apa yang lag hits di dunia maya. Missal, gue bikin postingan tentang Indovidgram, karena waktu itu lagi naik daun. Atau Liebster Award yang juga hits di ranah blogger. Kalau takut postinganmu jadi mainstream karena banyak blogger lain yang juga ngepos postingan yang sama, coba bikin postingan dengan gayamu sendiri, walaupun temanya sama, tapi bikin kontennya beda dari yang lain.

Ketiga, kasih judul yang bikin orang lain penasaran buat baca. Tapi jangan nipu, biasanya blogger-blogger politik yang suka gini, bikin judul yang nyindir, misal Hal-hal yang Membuat Jokowi Dibenci, ternyata isinya malah kebalikannya, kinda fake advertisment :)

Intinya, berkreasi dengan apa yang ada di pikiranmu. Yang kamu perlu cuma ide dan kreasi :)








apakah postinganmu ramai pengunjung? :)



13 komentar

Makasih tips nya banh, bermanfaat nih buat blogger pemula seperti daku, biar nggak cepet resign. Masak baru menclok langsung miber..oh no. Slm kenal :)

Reply

ngeblog itu mengasyikkan kalau niat nya benar dan ada konsep ya kan bang hehehe.. tips nya bagus nih bang, happyblogging.

Reply

Semangat ngeblog! Salam kenal juga :)

Reply

Betul! Bikin konten yang asik dulu hehe… thanks! :D

Reply

dulu banget sebelum nikah setiap aku posting banyak yg koment bisa puluhan.... tapi isinya yg galau-galau ria gitu, puisi atau semacam curhatan ngenes, nah sekarang setelah jadi IRT gak bisa lagi posting atau nulis2 ttg kegalauan, karena makin kesini alhamdulillahnya yg ada cuma cerita ttg kebahagian aja, kalo lagi bahagia kan gk bisa nulis yg sedih2 yak.... tapi kok blognya jd sepi.... apa pembaca nya cuma mau baca yg galau2 aja ya.... hehehe gk tau deh, yg jelas kalo jarang blogwalking ke blog teman... pastilah blog kita sepi juga gk ada yg baca.

nice info, salam kenal ya...

Reply

keren infonya nih, cocok newbie seperti saya yang suka kalau ngeblog xixixiix..

Reply

Wah, tipsnya seru nih!

Gue juga termasuk ke tipe yang pertama kayaknya hahaha blog gue aja seringnya banyak sarang laba-labanya saking kelamaan ditinggalin XD
salam kenal ya! mampir kesini juga boleh mimithpunyacerita.blogspot.com/ :))

Reply

Yang baca jomblo-jomblo kali, makanya nunggu postingan galau haha
coba aja share kebahagiaan mbak, misal bikin posting cara biar tidak galau :D

salam kenal juga

Reply

Laba-labanya bersihin dulu, ntar saya mampir, soalnya takut laba-laba hehe :D

Reply

Tips yang patut dicoba nih makasih ya
jangan lupa kunjung balik ke frondyff.blogspot.com :)

Reply

makasih kak infonya

Reply

Posting Komentar