Facebook dan Algoritma 'EdgeRank'

Dari dulu gue kira kalau newsfeed yang muncul di timeline Facebook adalah hasil sorting yang udah diurutkan berdasarkan waktunya atau date added. Artinya semakin baru posting yang kita share di Facebook, makan posting kita akan ada di awal timeline kita dan teman-teman kita.

Ternyata, Facebook gak pakai algoritma sesederhana itu. Bayangin aja kalau teman Facebook kita ada ratusan atau bahkan ribuan (jaman awal-awal punya Facebook suka banggain kalau jumlah temannya banyak - sampai dibikin akun part 1, part 2), pasti timeline kita penuh banget dengam postingan mereka, malahan postingan teman dekat kita bisa aja gak keliatan di timeline kita karena 'tenggelam'. Walaupun emang orang-orang lebih suka dengan metode ini karena lebih sederhana dan mereka bisa melihat semua postingan teman mereka, regardless they care or not.

Jadi, kalau kalian buka Facebook dan postingan teman kalian ada yang gak muncul di timeline kalian, itu wajar, karena Facebook menggunakan suatu algoritma yang mereka sebut dengan EdgeRank.

Di posting kali ini gue bakal bahas sedikit apa itu EdgeRank, jadi kalian tahu kemana 'hilang'nya postingan beberapa teman kalian hehe

Apa itu EdgeRank?
EdgeRank adalah algoritma buatan Facebook yang fungsinya nentuin postingan apa yang bakal muncul di timeline masing-masing usernya. Nah setiap kegiatan yang teman-temanmu lakuin di Facebook, punya potensi buat muncul di timelinemu. Kegiatan yang dimaksud disini misal update status, komen di posting orang, ngetag, share foto, dan lain-lain. Nah, setiap kegiatan-kegiatan itu namanya Edge. Dengan algoritma EdgeRank, Facebook nentuin seberapa menarik sih setiap edge yang teman kalian bikin? Artinya kalau misal kamu bikin posting yang biasa-biasa aja atau boring, ya gak bakal muncul di timeline teman kalian.

Nah, tiap edge dari teman kalian ini bakal disorting berdasarkan how interesting the stories are, semakin menarik, semakin postingan itu muncul di timeline kalian. Makanya nama algoritma ini adalah EdgeRank. It only shows the top-ranked stories to the user. Jadi kalau kalian gak lihat postingan beberapa teman kalian, mungkin postingan mereka dianggap kurang menarik oleh algoritma ini. Makanya, kalau bikin posting jangan curhat mulu hahaha

Terus gimana biar update status kita muncul di timeline teman? :(

Nah, Facebook udah kasih sedikit bocoran apa aja yang jadi pertimbangan algoritmanya:
  1. Affinity score
  2. Edge weight
  3. Time decay
Oke kita lihat satu-satu.

Affinity Score

Kalau kita lihat KBBI, afinitas berarti ketertarikan atau simpati yang ditandai oleh persamaan kepentingan. Afinitas di algoritma ini nentuin seberapa 'connected' sih kamu dengan edge (posting, comment, share) yang dibuat oleh temanmu?
Contohnya, kamu punya teman di Facebook. Kamu sering kirim-kirim pesan atau ngetik di timeline dia, terus kalian juga punya (misal) 50 teman bersama. Artinya, kamu dan temanmu ini punya affinity score yang tinggi. Facebook bakal mikir kalau kamu bakal pingin ada status update temanmu ini muncul di timelinemu.

Facebook nentuin affinity score dari beberapa hal:

  1. The strength of the action
  2. How close the person who took the action was to you
  3. How long ago they took the action
Action disini termasuk nge-klik, nge-like, komen, nge-share, nge-tag, dan lain-lain yang tentunya punya bobotnya sendiri-sendiri yang tergantung dari besarnya usaha yang dilakukan. Misal, kasih komentar ke posting temen bobotnya lebih gede daripada cuma nge-like. Dan ngelike bobotnya lebih gede daripada cuma nge-klik.

Edge Weight

Di awal tadi udah dibahas apa itu edge. Edge bisa dikatakan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan di Facebook, bisa itu bikin postingan, nge-like status orang, nge-share postingan orang, nge-tag temanmu di foto dan lain-lain. Tiap edge bakal punya bobotnya masing-masing dilihat dari seberapa menariknya edge yang dibuat. Contoh, nge-share foto atau video lebih menarik daripada nge-share link kan? Artinya bobot nge-share foto/video lebih gede ketimbang cuma nge-share link.

Time Decay

Faktor terakhir adalah waktu. Semakin 'tua' edge yang dibikin di Facebook, edge tersebut semakin kehilangan poin secara Facebook anggap itu old news. Jadi, postingan-postingan yang muncul di timelinemu itu postingan yang punya skor tinggi dalam EdgeRank dan di waktu yang paling baru/latest news.


Nah, sekarang udah tahu kan kenapa gak semua postingan temanmu muncul di Facebook? Memang algoritma ini gak begitu disukai oleh beberapa orang karena kita belum tentu bisa lihat kabar terbaru dari teman kita. Dan kayaknya algoritma ini juga dipakai di Instagram (secara Instagram juga punyanya Facebook), kadang kita gak lihat beberapa foto yang teman kita share di timeline.

Kalau kalian pingin lebih tahu how EdgeRank works, kalian bisa kunjungi web http://edgerank.net



See ya! :)

9 komentar

oh gitu gan kalo ane sih facebook teman cuman ada satu (serius) . mampir gan blog ane
pengertian algoritma

Reply

Serius temennya cuma satu? :o

Reply

Ini menjawab pertanyaan saya beberapa waktu lalu mengapa teman saya yang seabreg itu gak semua statusnya muncul... Makasih infonya...

Reply

Ohh begitu dit, paham paham

Reply

gan blog aku kok gak bisa di bka komentarnya

Reply

Wadul ilmunya belom nyampe aku mas,,.. jadi ngerti skrng...

Reply

Posting Komentar