Header Gue Dicuri!


Disaat gue lagi mager-magernya karena masih dalam masa liburan, tiba-tiba hape gue berdering. Ada pesan masuk. Kirain dari doi, ternyata dari mas-mas yang ngirim pesan ke akun twitter gue. Beberapa bulan ini gue emang jarang banget update blog, karena beberapa bulan ini gue juga disibukkan dengan kegiatan-kegiatan gue sebagai mahasiswa. Dan akhirnya gue bisa meluangkan waktu update blog ini lagi.

Gue menyempatkan membuka fanpage blog gue di Facebook dan pesan twitter gue. Alhamdulillah, walaupun blog ini terbilang masih kecil, udah lumayan banyak orang-orang yang ngirimin gue pesan, baik lewat Facebook maupun Twitter. Isinya beragam, ada yang nanya saran blog, ada yang minta tutorial, ada yang nanya jual cilok dimana...macam-macam deh pokoknya. Gue pastinya jawab satu-satu orang yang ngirimin gue pesan.

Akhirnya gue buka pesan yang dikirim mas-mas tadi ke akun twitter gue. Intinya sih dia kepengen blognya desainnya kaya punya gue.

FYI, karena banyak banget yang nanya soal template, silakan cari di Google! Ini emang jawaban basi, tapi emang gitu cara gue dapet template yang gue suka. Browsing di internet. Kalau udah dapet template yang disuka, tinggal edit bagian-bagiannya. Cara ngeditnya? Nih udah gue kasih tutorialnya di sini 

Lanjut, gue sebenernya pingin reply pesannya mas yang tadi, tapi iseng-iseng lihat blognya dulu hehe

Pas gue lihat...

Loh...

Kok..

Persis...

Gue kaget. Kaget banget. Desain blog gue ada di blognya, dengan nama dan logo yang udah diganti. Agak kesel. Gue akhirnya reply pesan ke yang bersangkutan buat nanyain kenapa header gue diambil dan diganti?

UPDATE: yang bersangkutan udah ganti headernya. Jadi udah clear.

Karena kejadian ini, akhirnya gue iseng pake Google Image buat nyari, ada lagi gak yang nyuri desain gue buat dipakai? Gue input header asli gue, terus search. Nanti kalau ada kecocokan dengan warna dan bentuknya, Google bakal ngasih hasilnya. Ternyata ada lagi yang ngambil desain gue, diedit, terus diklamin punya dia.

Jujur, gue sedih dan kesel banget. Gue ngebangun blog ini dari nol. Dari blog yang kosongan, sampe yang sekarang. Nyari template kesana kesini, (berusaha) ngedesain sampe akhirnya minta tolong temen buat bikinin. Karena gue mau, blog ini beda dari blog-blog yang lainnya. Ini ciri khas blog gue. Tapi gue sedih, karena gue yang udah capek-capek, ternyata asal dipake sama orang lain yang ga punya etika.
Lebih sedihnya lagi, header gue ga cuma dicuri sama satu orang. Ada beberapa orang yang gue cari nyomot header gue dengan seenaknya. Bahkan, sampai semua desain gue ditiru...



Kalau kaya gini kan jadinya blog gue udah gak lagi beda dari blog yang lain :(

FYI, header yang gue pake di blog ini adalah hasil bikinan temen gue, bukan gue yang bikin. Waktu awal punya blog ini, gue sendiri yang bikin, cuma dirasa kurang, jadinya gue minta tolong temen gue buat bikin desain headernya. Gue bahkan masih nyimpen e-mail yang dia kirimin ke gue buat ngasih desainnya
abaikan subject huehuehue


Untuk ngehargain temen gue karena udah bikinin, gue bikin post di sini http://www.raditiamadya.com/2015/01/new-header.html. Tiap kali ada orang yang nanya soal desain blog gue, gue selalu nyaranin buat kontak temen gue itu.

Well, ternyata ada beberapa orang yang gak tahu jerih payah. Karena bagi sebagian orang tersebut, hal ini sepele. It's like you have done something so seriously, then someone take it and says "it's mine"

Gue sebenernya senang, banyak orang nanya tentang desain blog gue, artinya desainnya bagus walaupun isinya engga hehe...Tapi masa iya, dateng ke blog orang terus karena desainnya bagus, akhirnya kamu nyomot desainnya, terus diedit-edit biar keliatan kamu yang bikin. Beretika? Gue mau protes pun paling juga cuma diread kaya gebetan yang jarang ngasih kabar.

Gue cuma bisa berpesan ke temen-temen semua. Hargai setiap ide/karya milik orang. Kalau memang dirasa kurang dalam hal ini, desain, silakan cari tutorial, Google Youtube, dll, udah ngasih banyak tutorial. Atau minta temen yang emang jago buat ngedesainin, kayak gue minta tolong temen gue. Jangan asal ambil punya orang lalu diklaim jadi milikmu. Seenggaknya, kalau mau ambil punya orang, izin dulu, lalu jangan lupa kasih sitasi/credit ke yang punya. Pasti pernah diajarin cara ngasih sitasi di sekolah kan. 
Header gue didesain sama temen gue, sebagai balasan, gue bikinin dia post + nyaranin orang-orang buat kontak dia kalau mau didesainin juga. Itu credit gue buat temen gue sebagai tanda terima kasih. Nah kalau asal nyomot header? Boro-boro terima kasih, izin aja engga kan :))

Semoga aja yang nyomot header blog ini bisa nyadar ya :))


Kalau mau nyari/nyomot gambar-gambar buat diedit, silakan ke freepik.com, kalau disana mah mau ambil gambar terserah. Namanya juga free pic/ free pick.





ada yang pernah ngalamin?

5 komentar

sekali lagi maaf mas... saya sebenarnya ngetweet di twttr adalah salahsatu dari bentuk pemberitahuan kepada mas bahwasanya saya mengambil header mas...sekali lagi maaf ...saya berusaha menyampaikan yang sebenarnya kepada mas...mohon maaf sebesar2 nya...

Reply

Lain kali jangan asal ambil ya mas :)
Semoga nanti masnya bisa punya desain blog sendiri yang lebih bagus dari blog ini :)

Reply

Wah , sakit sih dicuri gitu . Wajar saja sih dicuri , wong keren gitu headernya.

salam kenal , ya!

Reply

Wah terimakasih :)

Salam kenal juga

Reply

Mas radit saya dari virgiawan blog mengucapkan permintaan maaf sebesar2nya karena saya telah melanggar hak cipta sobat dengan mencopy dan mengedit header blog sobat tanpa ijin dan tanpa sepengetahuan sobat. Saya sudah mengirimkan permintaan ke google webmaster agar segera menghapus gambar header yang dulu ,yang sudah terindex di google image untuk di hapus. Sekali lagi saya ucapkan permintamaafan ke mas radit. Mohon untuk dimaafkan atas kesalahan saya ya mas 🙏

Reply

Posting Komentar