Abandoned.



Ketika gue hendak menulis posting ini, gue juga berpikir untuk apa masih menulis? Karena toh semua orang sudah tidak lagi membuka atau membaca blog lagi - kecuali ada tugas kuliah yang perlu searching. Ketika gue menulis posting ini juga gue sebenernya gak tau apa yang harus gue tulis disini. Karena toh emang lagi gak ada yang perlu ditulis, atau sebenarnya banyak yang perlu ditulis tetapi gue sedang tidak mood untuk melanjutkan yang pada akhirnya gue beralih ke kesibukan lain selain mengurusi blog ini. 

Terlalu kasian melihat blog ini yang tidak pernah rutin update kembali, akhirnya gue mencoba untuk memaksakan diri --menulis sedikit demi sedikit walaupun memang tidak ada bahasan khusus dalam posting ini. Berharap siapa tau ada orang yang dalam kondisi yang sama kayak gue (males, mager, bosan) nyasar ke blog ini untuk sekedar menyibukkan diri. Hey kamu! High five dulu! *tos*

Gue akhirnya mikir, kira-kira apa ya yang bikin gue jadi males ngeblog lagi? Mungkin karena sibuk? Atau mungkin karena gue tau, apapun yang gue posting, bakal jarang ada orang yang baca. Walaupun orang sering bilang "Nulis karena pingin nulis, bukan karena pingin dibaca". Pada prakteknya kita nulis untuk dibaca kan? Pada akhirnya kita nulis untuk mendapat share, like, followers, dan sebagainya. Tidak beda dengan social media.

Oh ya! Social Media! Gue lupa kalo blog adalah salah satu social media zaman dulu. Zaman dimana Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, dkk belum ada. Orang-orang mengutarakan semua pikirannya lewat blog. Tapi, ketika semua media lain itu muncul, orang-orang kini memilih berpindah ke platform yang "lebih baru".

Hmmm...mungkin itu salah satu alasannya. Social media.

Kalau kita melihat perkembangan sekarang, Youtube sepertinya menjadi raja. Semua orang yang dulunya menulis, kini berpindah platform menjadi vlogging atau video blogging. Memang sih, sepertinya lebih asik dan seru mengemukakan pikiran kita dengan video. Seperti pepatah "one visual worth thousand words". Belum lagi dengan video yang bisa diedit dengan berbagai hal yang bisa menambah keseruan. Viewers juga lebih menyukai konten visual kan? Bikin video di Youtube juga selain bisa menjadi media kita untuk mengemukakan pikiran, juga bisa sebagai ladang kita mencari penghasilan. Tak heran kini vlogger mulai menjamur.

Gue juga melihat teman-teman gue yang dulunya menulis, akhirnya berpindah ke platform tersebut atau bahkan vakum dan hanya menjadi penikmat platform visual tersebut.

Dan pada akhirnya, hanya segelintir orang yang masih menulis. Pada akhirnya blog-blog lawas tak terurus menjadi usang --menjadi ditinggalkan. 



apakah kamu masih menulis di blog?

Posting Komentar