Cara Asik Terbang

GREETINGS FROM PUNCAK 🎉🎉


As always, gue udah jarang banget update blog. Padahal ini masih masa-masa libur kuliah. (UPDATE: pulang KKN). Jadi selama liburan ini gue udah disibukkan dengan magang di salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Daripada gue gabut ongkang-ongkang dirumah, gue mengisi liburan gue dengan project-project dari sana. Alhasil, gue mendapatkan banyak banget pengalaman baru yang mungkin belum semua orang bisa dapat. Mungkin bakal gue share ceritanya di lain posting.

Anyway, Karena kemarin gue magangnya di Jakarta, otomatis gue harus terbang dari Jogja ke Jakarta dan balik dari Jakarta ke Jogja. Waktu akhir pekan gue juga terbang dari Jakarta ke Malang buat nemuin orang tua gue. Kebiasaan gue naik pesawat akhirnya bikin gue membuat rules yang biasanya gue terapin ketika gue akan naik pesawat. Rules ini sebenarnya cuma biar flight gue jadi lebih efisien dan ga ribet. Beberapa rules ini sendiri gue dapat dari film Up in The Air, that's actually a good movie.

Oke, jadi ini beberapa rules yang harus gue terapin ketika gue naik pesawat:

1. Pack Lightly

Rules gue yang pertama adalah packing seefisien mungkin dan serapi mungkin. Biar barang bawaanmu bisa lebih banyak masuk dan lebih gampang buat penataannya. Kamu bisa cari-cari di YouTube banyak banget yang share soal cara packing yang bener. Nih gue kasih salah satu contohnya:
Salah satu rules gue juga biar packing-nya ga ribet adalah barang maksimal yang gue bawa cuma 2: satu bodypack  dan satu koper. That's it.
Bodypack pastinya hal wajib yang harus gue bawa, karena gue selalu bawa laptop dan peralatan elektronik lainnya. Gak mungkin kan kalau masuk koper. Koper sendiri cuma gue isi dengan pakaian, alat mandi, dan sandal. Gak ada barang berharga yang gue taruh di koper. Mengingat banyak banget kejadian kehilangan barang yang ada di dalam koper ketika naik pesawat.

Karena tingkat keamanan naik pesawat lebih tinggi daripada naik transportasi apapun, pastinya tingkat keribetannya lebih tinggi. Harus masuk scanner dua kali dan sebagainya. Makanya usahakan barang bawaan yang kamu bawa buat naik pesawat maksimal dua tas/koper. Kalau barang bawaanmu banyak, pasti ribet banget naikin ke scanner-nya, padahal yang antri dibelakangmu banyak kan? Kalau misal dititipin oleh-oleh ya boleh lah nambah satu goody bag, yang penting tidak menyulitkan kamu dalam melewati scanner.

2. One hour early

Kadang kita suka lupa dan terlena sama jam di order ticket kita. Kalau di kereta, kereta berangkat jam 9 pagi misal, ya kita mau datang jam 08.50 bisa aja, soalnya ga begitu ribet urusannya. Tapi kalau misal di jadwal penerbangan kita, tulisannya jam 9 pagi misal. ITU JAM TAKE OFF, bukan jam kamu udah bisa masuk. Kalau misal jadwal penerbangan kamu jam 9, jadwal boarding atau ketika kamu udah boleh masuk pesawat adalah 08.30 atau 30 menit sebelumnya. Pokoknya jam 9 nanti pesawat udah siap take off. Ini hal yang paling sering kita lupakan, kadang banyak orang keburu-buru datang 10 menit sebelum take off. Ya jelas gak bisa lah! Karena sebelum take off, pilot juga perlu menghitung total berat pesawat biar yang bersangkutan tahu dalam jarak jalur yang tersedia, dia harus ada di kecepatan berapa biar pesawat cukup kuat untuk take off. Makanya mending datang dan nunggu di bandara daripada ketinggalan kan?

3. NO jacket, watch, ring, belt, etc

Bukan ngelarang sih, gue juga kalau naik pesawat masih pake jam tangan dan sabuk. Cuma emang gue kalau masuk metal detector, selalu gue lepas. Gue gak masalah sih bolak-balik lepas pasang jam tangan sama sabuk. Tapi kalau kamu orangnya males, mending itu barang taruh dulu di tas, sampai kamu lewatin dua metal detector, baru deh kamu bisa pakai. Soalnya gue sering banget antri masuk, tapi agak kehambat gara-gara banyak yang masih pakai jam tangan, sabuk, cincin, hp, dan lain-lain ketika masuk ke metal detector. Akhirnya yang bersangkutan harus ditahan dulu buat diperiksa sama petugasnya. Pernah ngalamin? Change it now! Kamu gak tau berapa banyak yang antri dibelakangmu?

Buat kamu yang ngeyel masih pengen pakai barang-barang itu. Gue punya tips buat kamu biar cepat dan gak ganggu antrian. Pertama, ketika mau masuk metal detector, langsung ambil wadah yang disediain sama petugas, biasanya deket sama mesin yang buat masukin barang. Kedua, langsung taruh semua barang-barang yang nempel di badan kamu kaya jam tangan, sabuk, hp, cincin, dll ke kotak itu. Usahain setiap kali kamu mau naik pesawat, kamu cuma pakai barang-barang ini biar kamu inget urutan apa aja yang harus kamu lepas.

Gue selalu urutin apa aja yang harus gue lepas ketika masuk pemeriksaan. Barang yang gue lepas waktu pemeriksaan:

  • Jam tangan
  • Sabuk
  • Hp
  • Dompet
  • Laptop (pemeriksaan kedua)

4. For faster screening..

Sebenarnya tips ini gue dapat dari film Up in The Air,  jadi buat kamu yang malas nunggu antrian waktu antri mau lewatin screening/metal detector, lihat dulu situasinya. Biasanya ada beberapa jalur antrian metal detector biar gak terlalu panjang antrinya. Nah kalau gue, gue selalu menghindari antri dibelakang penumpang yang bawa keluarga hahaha, karena pasti barang bawaannya buuuaaaannyaaakkk banget, apalagi kalau dititipin macam-macam oleh-oleh sama saudara dirumah, pasti nambah waktu antri kamu masuk.

Pokoknya sebelum ikutan antri, lihat sekeliling dulu, kira-kira yang emang bawaannya ga terlalu banyak dan penumpang tersebut berpotensi tidak kena periksa petugas karena lupa lepas jam tangan or whatever, silakan ikut dibelakangnya.

5. Two become one

Kalau di rule pertama gue bilang, maksimal 2 barang bawaan, nah setelah check-in, barang bawaan maksimal yang harus dibawa cuma satu. Yes. Satu. Which is the bodypack. Ya kali kamu mau masukin tas isi laptop ke bagasi, tentunya kamu bawa kan? Tapi kalau koper, wajib dan harus banget masuk bagasi. Why? Yang pertama, biar kamu enak, barang bawaanmu berkurang, apalagi yang berat pasti di koper kan? Kamu jadi bisa lebih leluasa kalau mau jalan-jalan dulu di sekitar bandara. Kan biasanya banyak tuh yang jualan barang-barang bagus atau restoran-restoran enak di dalam bandara. Walaupun kadang harganya overpriced sih.

Kedua, kamu bakal lebih enak waktu boarding pesawat karena cuma perlu angkat satu tas doang yang tentunya ga terlalu berat. Tahu kan kalau udah di dalam pesawat, bagian lorongnya itu sempit banget? Coba kalau kamu bawa koper atau barang bawaan lebih dari satu, udah ngangkatnya susah karena berat, kamu juga ngehambat laju penumpang lain yang ada di belakangmu karena nungguin kamu ngangkatin koper.

6. If you're carrying laptop..

Karena sekarang jamannya digital, orang lebih suka kerja pakai laptop dan mostly semua bodypack sekarang ada laptopnya, harus banget inget ini. WAJIB. Kalau pas pemeriksaan kedua, laptop wajib dikeluarkan. Sering banget gue lihat antrian jadi kehambat cuma gara-gara laptop orang ga dikeluarin alias masih di dalam tas.

7. UPDATE: Please No Powerbank!

Setelah pulang KKN, tim gue pernah dicegat dua kali di bandara gara-gara beberapa temen gue ada yang naruh powerbank di kopernya dan koper itu masuk ke bagasi. FYI, powerbank ga boleh masuk ke bagasi. Emang udah ada aturannya, coy! Dan powerbank itu sendiri ga boleh lebih dari 100 Wh atau sekitar 20.000 mAh. Sejak kemarin gue berangkat dan pulang KKN, tiap kali tas gue masuk screening, gue selalu diminta buat buka powerbank yang gue bawa buat diperiksa. Kebetulan gue bawa powerbank Anker 20.000 mAh, masih bisa masuk ke pesawat. Tenang, rata-rata powerbank bisa masuk pesawat kok. Powerbank Anker yang 26.800 mAh aja sebenarnya bisa masuk karena dia cuma 97 Wh, ga sampe 100 Wh. Tapi ingat, jangan dimasukkin bagasi.

Pada dasarnya emang kalau naik pesawat itu tension-nya lebih tinggi dari naik kendaraan apapun. Karena kita selalu ada sense bakal ketinggalan pesawat lah, over bagasi lah, bawa barang yang ga boleh masuk pesawat lah, macam-macam pokoknya. Intinya sih biar ga ribetin diri sendiri dan nyusahin orang lain (ngehambat antrian misal), cara-cara diatas bisa dicoba. Semoga penerbangan kita bisa aman dan nyaman.

SAFE FLIGHT :)


1 komentar:

BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

Reply

Posting Komentar